Tuesday, February 8, 2011

Keajaiban Banda

Oleh : Nur Akbar

Dari sekian banyak lokasi penyelaman di taman laut kepulauan banda, taman laut yang berada di pulau Hatta adalah yang paling eksotis.

Dari Banda Neira, Pulau Hatta bisa ditempuh selama satu jam dengan menggunakan speed boat. Di sini terdapat beberapa goa bawah laut baik yang besar dan kecil.

Kami turun tepat di lokasi yang terdapat goa yang paling besar, disebagian besar dinding karangnya ditumbuhi beraneka ragam koral keras dan lunak, wow... hanya kata ini yang muncul di hati saya, benar benar luar biasa. Kemanapun mata memandang yang tampak hanya terumbu karang warna warni yang dikeliling ratusan atau mungkin ribuan ikan.

Di kedalaman taman laut pulau Hatta juga terdapat sebongkah batu besar yang seolah menggatung dan ditengahnya terdapat lobang yang cukup besar.

Tak salah jika kami melakukan penyelaman yang terakhir di tempat ini, karena jika jadi tempat penyelaman yang pertama mungkin penyelaman yang berikutnya pasti tidak terlalu menari.

Jika anda adalah seorang penyelam, tman laut pulau Hatta adalah tempat yang wajib dikunjungi bila berada di Banda.

Hari terakhir kami menyempatkan diri mendaki puncak tertinggi di kepulauan Banda yaitu di puncak Pulau Gunung Api.

Dengan ketinggian yang hanya 600 meter dari permukaan air laut kami membutuhksan waktu hampir dua jam untuk mencapai puncaknya, karena memang medannya yang benar benar curam.

namun setelah sampai di puncak semua rasa lelah langsung sirna. Dari sini tampak panorama seluruh kepulauan Banda.

Sayang kami berangkat terlalu siang, padahal panorama sun rise dari puncak Gunung Api pastilah sangan menawan.

Setelah puas menikmati panorama kepulauan Banda dari ketinggian kami pun kembali turun, berjalan menuruni pulau Gunung Api ini tidak kalah berat dengan saat mendakinya, jadi bagi yang berencana mengunjungi tempat ini saya sarankan untuk mempersiapkan stamina dan membawa bekal air minum yang cukup.

Banda memang lengkap mulai dari taman laut sampai dengan puncak gunung ada disini. Di tempat tertinggi di kepulauan Banda ini kami mengakhiri perjalanan kami, karena esok kami harus kembali terbang ke Ambon dan selanjutnya kembali ke kota masing masing.

http://aci.detik.com/read/2010/11/05/074714/1486476/1001/keajaiban-banda

No comments: